Dinas Kominfo Di Daerah Akan Dijadikan Wali Data Statistik

Sinjai –  Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel, menggelar Rapat Koordinasi Wali Data dan Sektoral Dalam Rangka Penguatan Statistik Sektoral Mendukung Terbangunnya Sistem Statistik Nasional, di Hotel Four Point By Sheraton,  Makassar,  Jumat (23/11/18).

Kegiatan ini dihadiri oleh Para Kepala BPS Se Sulsel dan Para Kepala Dinas Kominfo Se-Sulsel. Dari Kabuparen Sinjai dihadiri oleh Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai H.  Firdaus serta Kepala BPS Sinjai Suparno Pani.

Rapat ini digelar dalam rangka penguatan statistik sektoral dan menyamakan persepsi tentang sistem data statistik untuk mendukung terbangunnya sistem statistik nasional.

Kepala BPS Provinsi Sulsel Yos Rusdiansyah yang membuka kegiatan ini  mengatakan bahwa kedepan data-data yg keluar terpusat hanya di BPS dan Dinas Kominfo sebagai wali data lintas sektoral.

“Data-data yang selama ini dikelola oleh bagian data di Bappeda, mulai Tahun 2019 data tersebut hanya bisa diterbitkan oleh Dinas Kominfo sebagai wali data sektoral dalam sistem statistik nasional,” ungkapnya.

Tugas wali data statistik sektoral dalam hal ini kominfo, sebagai leading sektor dalam mengumpulkan data yang terkait data sektoral lingkup Pemda, selain itu adanya Forum Satu Data yang mampu memfasilitasi berbagai permasalahan data.

“Dinas Kominfo di seluruh Indonesia akan dijadikan sebagai wali data statistik sektoral di lingkup pemerintah daerah. Dinas Kominfo mengeluarkan, mengumpulkan, dan mengelola data yang dihasilkan oleh data produsen dan mendistribusikan data di instansi pemerintah, ” jelas Yos.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai H. Firdaus mendukung kebijakan tersebut sehingga perlu ada persamaan persepsi terkait wali data yang harus terpusat di Kominfo dan BPS.  (AaNd/Fat)