Bupati : Tim TPAKD Harus Jadi Fasilitator Antara Masyarakat Dengan Perbankan

Sinjai  –  Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sinjai bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai,  Rabu (28/11/18).

Saat ditemui usai pengukuhan,  Andi Seto mengatakan kehadiran tim ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi sektor keuangan daerah guna menopang pembangunan daerah.

“Di samping itu tim ini dapat membantu penyedia jasa keuangan untuk mempromosikan produk-produknya kepada masyarakat yang ada di desa,” kata Bupati.

Tugas dari tim ini juga nantinya akan mengidentifikasi permasalahan terkait kondisi literasi dan inklusi di daerah, serta mensinergikan program akselerasi akses keuangan termasuk pemberdayaan masyarakat di daerah.

Lebib lanjut Bupati mengatakan, bahwa kehadiran TPAKD ini sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Sinjai yaitu adanya dana stimulus bagi petani,  peternak, nelayan maupun usaha kecil lainnya.

“Jadi kami sebagai fasilitator bagaimana agar masyarakat kita dapat menikmati produk-produk perbankan yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya,” urainya.

Bupati menambahkan, permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini sering mengalami jeratan renternir. Di sisi lain, masyarakat mengeluhkan sulitnya mengakses fasilitas permodalan untuk mengembangkan usaha.

“Kedepan tidak ada lagi masyarakat kita yang meminjam uang melalui rentenir, mereka dapat mengambil kredit dengan memanfaatkan produk perbankan yang ada karena bunganya sangat rendah,” harapnya.  (AaNd/Fat)