Bangkitkan Budaya Lokal, Disparbud Sinjai Gelar Festival Pelajar Seni

SINJAI – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai menggelar Festival Pelajar Seni tingkat Sekolah Dasar (SD) / sederajat bertempat di Gedung Pertemuan Sinjai, Sabtu (12/5/18).

Kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Sinjai H.A. Fajar Yanwar ini berlangsung meriah, yang menampilkan tarian massal Maddongi yang dibawakan oleh siswa/siswi SD yag terfabung dalam Kumpul Belajar Seni (KBS).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kwbudataan Sinjai Drs. Yuhadi Samad saat ditemui mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bahan evaluasi kegiatan KBS yang digelar selama beberapa dua bulan dengan melibatkan dewan kesenian dan sekolah.

“Kita tidak bisa menutup mata dengan era modernisasi ini dimana generasi muda terkontaminasi dengan budaya barat akibat perkembangan teknologi yang semakin maju,” ujarnya.

Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan ini kata Yuhadi dapat menggairahkan kembali budaya daerah yang penuh dengan nilai-nilai kearifan lokal dan panutan.

Dengan festival seni pelajar ini, diharapkan anak-anak tidak hanya mampu berjaya di sekolah dan lingkungannya sendiri, namun juga bisa berkompetisi di skala yang lebih luas.

“Oleh karenanya bakat seni yang dimiliki harus diasah sehingga prestasinya bisa lebih meningkat dan menjadi kader di sekolahnya masing-masing,” ungkapnya. (AaNd)